Rabu, 05 Desember 2012

Jalan Menuju Istana Limo laras

Lantaran kurang populer, saya mencoba menanyakan kepada teman atau kerabat yang tinggal di Kisaran, Tebing Tinggi, Lubuk Pakam atau wilayah sekitar perihal rute kendaraan umum agar sampai di lokasi tujuan Istana Lima Laras. Ternyata banyak yang kurang paham. Lain halnya apabila kita menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Medan, kita dapat leluasa menyusuri jalan darat menuju Kota Lima Puluh, lalu ke Labuhan Ruku kemudian ke Sungai Bejangkar, Batu Bara, Tanjung Tiram. Waktu dan jarak tempuh Medan-Tanjung Tiram jaraknya sekitar 136 km, 4 jam.
Kalau dari tempat saya tinggal di Perumahan Perhubungan Indah Blok C-16, Desa Kolam, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang bisa menyusuri jalan pesisir pantai mulai dari Percut—Pantai Labu—Pantai Cermin—Teluk Mengkudu—Tanjung Beringin—Kuala Tanjung—Tanjung Tiram.
Sementara bagi yang ingin mencoba naik kendaraan umum [bus] dari Medan terminal Amplas, naik bus Sartika-Tanjung Tiram. Kalau dari Kisaran bisa menggunakan Merpati Tour jurusan Sei Bejangkar Batu Bara. Ongkosnya Rp. 25.000, turun di Lima Laras, lalu naik ojeg. Orang situ dan orang Sumatera Utara pada umumnya menyebutnya RBT [rakyat banting tulang]. Ongkosnya Rp. 10.000,- atau bisa naik beca [becak]. Istana Lima Laras terlihat di tepi jalan. Persis di depan Istana Lima Laras terdapat Masjid Al-Mukarram.
Lain halnya apabila menggunakan jasa angkutan kereta api. Naik K.A.ekonomi Lancang Kuning jurusan Medan-Tanjung Balai, turun di Sei Bejangkar, ongkosnya Rp. 14.000,- Lalu dilanjutkan dengan angkutan menuju desa Lima Laras.
Istana Lima Laras terletak di perkampungan nelayan. Dulunya tempat ini sangat ramai disinggahi kapal-kapal perniagaan. Sekarang tempat ini [pelabuhan Lima Laras] seperti perkampungan nelayan biasa dengan kapal-kapal motor berukuran kecil. Sementara dermaga Batu Bara masih ramai dan merupakan jalur terbuka bagi pelayaran dari dan menuju Port Klang Malaysia.
Jadi, pemberitaan dan tulisan yang menyebutkan akses menuju desa lima laras sulit. Sungguh suatu hal yang keliru lagi menyesatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar